Human Resources

Magang Dagang

Kesempatan ini luar biasa, sambil membantu usaha saudara saya yang berada di Sidoarjo, saya banyak belajar darinya. Tiba di tempat beliau pada 9 Juli 2012 siang hari, ada dua titik lokasi yang saya singgahi selama di sana yaitu rumah kediaman beliau dan tempat usaha yang berlokasi strategi/pinggir jalan raya. Tempat usaha tersebut berupa semi kandang pemotongan ayam, yang didepannya ada sebuah toko sembako dengan barang dagangan berupa telur ayam, beras, gula, dan minyak goreng.

Hari pertama saya diajari bagaimana cara melayani pembeli dengan cekatan, mulai dari menimbang barang hingga menghitung uang. Keesokan harinya saya sudah berada di toko mulai pagi, sekitar pukul 7 s.d 10 pagi frekuwensi pengunjung cukup banyak, kebanyakan adalah ibu-ibu membeli telur ayam maupun beras. Siang hari saya belajar menyeleksi telur, 1 kotak peti berisi 10 kg atau sekitar 160an butir telur. Hal tersebut dilakukan untuk menyisihkan telur yang retak (bentes), maupun telur yang masih ada kotoran ayam. selanjutnya, telur bentes dijual dengan harga lebih murah, dan yang kotor dilakukan pencucian.
telur ayam negeri
Menurut saya, toko tersebut sepantasnya disebut sebagai agen telur, pembelinya pun bukan hanya pengecer, tetapi juga toko atau warung lain yang menjualnya kembali. Saya berkesempatan mengantar 1 kotak peti telur ke toko swalayan di perumahan, warung nasi, bahkan industri rumahan yang membuat kue. Tak heran kalau omset penjualan telur sampai jutaan rupiah per hari, modal yang dibutuhkannya pun cukup besar, sekitar puluhan juta per minggu.

Sebelum pulang, saya sempat mendapat wejangan dari beliau. Mengenai keterampilan hidup, meskipun tidak pernah merasakan kuliah, beliau bisa mengikuti perkembangan pengetahuan karena bergaul dengan banyak orang, mulai kalangan pejabat, hingga seorang kuli. Saya akui, leadership beliau bagus, juga keterampilan negosiasinya. Tak kalah juga spiritualitasnya.

Sumber gambar:
http://iklanmax.asia/agen-telur-ayam-negeri-bekasi.html

2 thoughts on “Magang Dagang

Leave a Reply

