Marketing

Kilasan Strategi Pemasaran Bisnis Jasa

Sebuah bisnis jasa, bentuknya sangat bermacam-macam. Konon internet yang kita nikmati ini juga merupakan layanan yang berasal dari bisnis tersebut. Ada sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Internet Service Provider (ISP) atau penyedia jasa layanan internet. layanan telekomunikasi, layanan perbankan, layanan transportasi, dan lain-lain merupakan bidang Bisnis Jasa.strategi marketing

Strategi apa saja yang kita perlukan dalam berbisnis jasa ? Mari kita lihat dari sisi bauran pemasarannya :

1. Produk
Produk dari sebuah bisnis jasa, bisa dikatakan abstrak, tetapi kita harus memiliki standar kualitas layanan yang memadahi. Kita harus bisa merangkai segenap bahan mentah untuk dijadikan paket layanan. Perlu kiranya mempertimbangkan unsur-unsur berikut ini: variasi, kualitas, desain, fitur, nama merek, kemasan, ukuran, jaminan.

2. Price (Harga)
Setelah membuat paket-paket layanan, kita bisa menentukan harga untuk paket tersebut. Acuan untuk penentuan harga bisa melihat dari harga pasar pada produk sejenis. Kita juga harus menghitung biaya produksi yang kita keluarkan, ditambah dengan margin laba yang kita inginkan. hal-hal yang perlu kita perhatikan yaitu: Daftar harga, diskon, periode pembayaran, dll.

3. Placement (Penempatan)
Kita harus mengupayakan agar paket produk bisa terjangkau oleh konsumen. Hal ini juga berkaitan dengan saluran distribusi apa yang kita pakai. Contohnya pada sebuah operator telekomunikasi, produknya berupa pulsa bisa dijangkau masyarakat luas dengan adanya kios-kios pulsa. Hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu: channel, cakupan, lokasi, persediaan/stok.

4. Promotion (Promosi)
Kegiatan promosi ditujukan untuk memberikan informasi pada pasar tentang produk yang kita jual, antara lain bisa melalui periklanan, personal selling, promosi penjualan, publisitas. Banyak media yang bisa kita gunakan, mulai promosi melalui media internet, koran, televisi, radio, bahkan bisa melalui sms broadcast.

5. People (Orang)
“Orang” memiliki peranan penting dalam bisnis jasa, juga terkadang fital. Contoh: Seorang pelanggan potong rambut, akan mencari tukang potong langganannya yang menurutnya sudah cocok.

sumber gambar:
http://www.tdwclub.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s