Marketing

Jualan Semudah Update Status Facebook-an

Siapa bilang jualan itu susah ? Tinggal buka internet, kemudian login ke facebook anda, setelah itu silahkan update status jualan anda. Dengan cara yang konvensional juga bisa, yaitu dengan menawarkan barang kepada orang lain melalui tatap muka langsung. Kalau anda sudah menganggap jualan itu mudah, tantangan berikutnya yaitu membuat barang yang anda jual tersebut dibeli oleh orang lain atau dalam kata lain Sold Out (laku terjual).

Nah, berikut ini saya punya kisah sukses jualan melalui facebook yang semoga bisa menginspirasi anda. Barang dagangan yang saya jual berupa sebuah Modem GSM dalam kondisi baru dan masih bersegel. Modem tersebut merupakan hadiah undian dari pembelian sebuah modem CDMA, tetapi saya tidak secara cuma-cuma mendapatkannya. Hadiah undian tersebut bisa sampai ke tangan saya dengan sejumlah uang yang harus dibayarkan untuk biaya pajak undian berhadiah maupun biaya kirim barang.

Kemudahan datang, setelah kesulitan dapat diatasi. Tips – tips berikut kiranya diperlukan sebelum menuai kemudahan jualan via facebook.

1. Sebelum menjual, kita harus mengetahui seluk beluk produk tersebut atau istilah kerennya Product Knowledge
Dalam hal ini, saya harus mengetahui merek dan tipe modem tersebut yaitu berupa Modem GSM merek Prolink PHS101. Selanjutnya browsing di intenet mengenai fitur-fitur ataupun keterangan lengkap pada produk.

2.    Mengetahui harga pasarannya
Sepengetahuan saya, harga-harga modem mulai anjlok dengan adanya promo penjualan modem beserta paket internet yang dilakukan oleh operator seluler, apalagi tawaran paket internet murah oleh operator CDMA. Di sebuah website modem Prolink PHS101 tersebut masih dibandrol sekitar tiga ratus ribuan.

3.    Mengetahui Target Pembeli
Saya berusaha menarget pembeli di daerah luar Jawa, dengan pertimbangan kondisi geografisnya kebanyakan hanya terjangkau oleh operator GSM, serta biaya pengiriman barang tersebut yang tergolong murah karena berukuran kecil dan ringan.

4.    Menyusun Kalimat yang Menarik Untuk Berpromosi
Merangkai kata-kata, bukan hanya pekerjaan Orang Sastra. Konon seorang Sales pun pandai bermain kata. Sebisa mungkin rangkaian kata yang kita buat dapat menarik perhatian orang lain serta sekreatif mungkin. Kata-kata Mantap yang bisa dipakai yaitu: “limited edition“, “dijual hanya Rp ….”, “baru”, dan lain-lain.

"pasar malang raya"Setelah memahami tiga poin utama agar jualan kita bisa laku, sekarang tinggal beraksi untuk menawarkan jualan kita. Di facebook sendiri, jalur penawaran yang saya lakukan yaitu:

  • Update status di Wall sendiri.
  • Menawarkan via chat/message dengan teman yang saya kenal.
  • Posting di Group-group yang saya ikuti.

Ternyata, penjualan terjadi di group yang saya buat sendiri, yaitu Pasar MAYA (MAlang raYA). Tak kurang dari 3 menit sudah ada yang merespon postingan tersebut, beliau orang Malang yang sedang bekerja di Papua. Beberapa percakapan via comment postingan itupun terjadi, sampai akhirnya PM (Private Message). Akhirnya modem tersebut siap saya kirim ke rumah suami beliau di sekitar jalan Borubudur Malang, dengan pembayaran secara COD (Cash On Delivery), tanpa ada tambahan biaya Ongkir (Ongkos Kirim).

2 thoughts on “Jualan Semudah Update Status Facebook-an

Leave a Reply

